Direktori Selebriti
Pencarian :
Gombloh

Gombloh

advertisement

Soedjarwoto Soemarsono, atau yang lebih di kenal dengan nama Gombloh ini, adalah seorang penyayi Indonesia. Anak ke 4 dari pasangan Slamet dan Tatoekah ini, lahir di Jombang, pada tanggal 14 Juli 1948.

Namanya di kenal banyak orang sebagai seorang penyayi Indonesia yang selalu menciptakan lagu-lagu nasionalis. Lagu nasionalis yang berjudul Gebyar-Gebyar adalah salah satu lagu yang hingga pada saat ini masih di kenang dan di nyayikan di Indonesia. Selain itu, ia juga menciptakan lagu-lagu nasionalisnya, seperti Dewa Ruci, Gugur Gugur Bunga, Gaung Mojokerto-Surabaya, Indonesia Kami, Indonesiaku, Indonesiamu, Pesan Buat Negeriku dan BK.

Selain membuat lagu-lagu nasionalis, ia juga di kenal sebagai seorang yang selalu menciptakan lagu tentang kehidupan sosial, seperti Doa Seorang Pelacur, Kilang-Kilang, Poligami Poligami, Nyanyi Anak Seorang Pencuri, Selamat Pagi Kotaku dan sebuah lagu yang berisi krtitikan-kritikan sosial yang bertajuk Sekar Mayang.

Pada tahun 1984, ia merilis sebuah album yang berjudul ? Gila, dan dari album ini namanya mulai di kenal oleh banyak orang di Indonesia, dan mendapatkan penghasilan yang besar. Namun, album ini juga mendapat kritikan karena aliran dari lagu-lagu album ini cenderung bergaya pop ringan dan dengan lirik-lirik sederhana dan jenaka. Di karenakan lagu yang terdapat pada albumnya itu, bukanlah Gombloh seorang yang di kenal sebagai pencipta lagu tentang kehidupan Indonesia.

Dan pada tanggal 9 Januari 1988, ia menhembuskan nafas terakhirnya, yang di akibatkan penyakit yang ia deritanya.

Namun setelah ia meninggal dunia, ia tetap di kenang oleh banyak orang. Terbukti di tahun 1996, beberapa seniman Surabaya, membuat sbuah patung Gombloh seberat 200 Kg Perunggu. Selain itu, pada tahun 2005, ia mendapatkan penghargaan Nugraha Bhakti Musik Indonesia secara anumerta dari PAPPRI.

Selain itu, hasil karyanya, pernah di angkat dalam sebuah karya ilmiah oleh Martin Hatch, seorang peneliti dari Universitas Cornell, dengan judul Social Critism in the Song of 1980?s Indonesian Pop Country Singers.

DISKOGRAFI
Gombloh & The Lemon Tree's Anno '69
1. NADIA & ATMOSPHEER (1978)
2. MAWAR DESA (1978)
3. KADAR BANGSAKU (1979)
4. KEBYAR KEBYAR (1979)
5. PESAN BUAT NEGERIKU (1980)
6. SEKAR MAYANG (1981, BERBAHASA JAWA)
7. TERIMAKASIH INDONESIAKU (1981)
8. PESAN BUAT KAUM BELIA (1982)
9. BERITA CUACA (1982)
10. KAMI ANAK NEGERI INI (1983)

Solo Karier
1. GILA (ALBUM KONSER LIVE, 1983)
2. 1/2 GILA (1984)
3. SEMAKIN GILA (1986)
4. APEL (1986)
5. APA ITU TIDAK EDAN (1987)
Komentar terkait selebriti Gombloh
Seru? Serem? Lucu? Kita pengen tahu pendapat kamu tentang selebriti Gombloh!

advertisement
Sering kelewat acara TV favorit?? Set alarm acaranya dan tonton langsung!
close