Direktori Selebriti
Pencarian :
KLa Project

KLa Project

advertisement

KLa Project, merupakan sebuah grup band asal Indonesia. Dan pertama di bentuknya band tersebut hanya bernama KLa dan nama band tersebut di ambil dari nama anggota bandnya, yang bernama Katon Bagaskara, Lilo (Romulo Radjadin), Adi Adrian, dan Ari Burhani. Pada huruf a yah berhuruf kecil, di karenakan ada dua orang yang memiliki nama depan dari huruf A. Band tersebut, terberntuk pada tahun 1988, di Tebet, Jakarta.

Karir grup band ini di mulai di tahun 1989, dengan merilis sebuah album yang bertajuk KLa, dalam album pertamanya tersebut, banyak lagu dari albumnya tersebut yang menjadi hits di Indonesia, seperti Rentang Asmara, Tentang Kita, Waktu Tersisa, dan Laguku, yang membuat nama band tersebut langsung melejit di dunia hiburan Indonesia. Kemudian, mereka juga kembali merilis album keduanya di tahun 1991, yang berjudul Kedua, dan dalam lagu tersbut terdapat sebuah lagu monumental Yogyakarta. Selang satu tahun, mereka kembali merilis album ke-3nya yang berjudul Pasir Putih, dan seperti album pertamanya, di album ke-3nya tersebut banyak lagu yang menjadi hits di Indonesia, seperti Tak Bisa Ke Lain Hati dan Belahan Jiwa, yang membuat nama bandnya menjadi sangat terkenal di Indonesia.

Setelah album ke-3nya mendapat sebuah kesuksesan, Ardi Burhani, memutuskan untuk keluar dari band tersebut dan menjadi seorang manager dalam band tersebut. Walau hanya dengan 3 personilnya mereka kembali merilis 2 albumnya, di tahun 1994 dan 1995. Dan albumnya tersebuyt berjudul Ungu dan V. Karinya kembali melejit, ketika mereka mengadakan sebuah konser akustik yang bertajuk KLakustik, pada tahun 1996. Dalam konsernya tersebut terdapat juga beberapa musisi ternama Indonesia, seperti Hendri Lamiri (Violin), Budi Haryono (Drums), dan lain-lain, dan konsernya tersebut di tayangkan di ANTV.

Pada tahun 2001, salah satu anggota mereka kembali memutuskan untuk keluar, yang bernama Lilo, walau hanya 2 personil mereka masih melanjutkan bandnya tersebut. Dan di tahun 2003, nama bandnya berganti menjadi NuKLa, dan mereka merekrut beberapa personilnya, diantaranya Erwin Prasetya ex Dewa 19, Yoel Vai dan Hari Goro. Selang satu tahun, NuKLa merilis album yang bertajuk New Chapter, dengan single andalan yang berjudul Izinkan Ku Memuja. Namun di tahun 2006, Erwin Prasetya, memutuskan untuk meninggalkan bandnya tersebut, di karennakan terdapat perbedaan visi dalam menjalankan bandnya tersebut.

Dan tak lama setelah Erwin keluar dari band tersebut, Katon langsung mengganti nama bandnya tersebut menjadi KLa Project, nama tersebut di pilihnya, karena akan terjadi perubahan karir dari KLa yang terlebih dahulu. Dan pada tahun 2009, KLa kembali reunion dengan di tandai dengan meluncurnya album yang berjudul KLa Returns dengan personelnya yang dahulu. Dan kemudian semua anggota KLa Project memutuskan untuk bersolo karir. Pada tahun 2011, KLa Project kembali merilis sebuag albumnya yang berjudul A Tribute To KLa, dan dalam albumnya tersebut banyak menampilkan beberapa musisi ternama dalam albumnya tersebut, seperti Ungu, Ahmad Dhani, Kerispatih, Maliq & D'Essentials, Vidi Aldiano, Pongki Barata, RAN, Babas, Violet, dan The Upstairs.


Diskografi
Album Studio
1. 1989 - KLa
2. 1990 - Kedua
3. 1992 - Pasir Putih
4. 1994 - Ungu
5. 1995 - Kelima
6. 1996 - KLakustik
7. 1997 - Sintesa
8. 2000 - Klasik
9. 2010 - Exellentia
Kompilasi
1. 1992 - Best Cuts
2. 1998 - Dekade (1988 - 1998)
3. 2001 - The Best Of
4. 2008 - KLa Returns
5. 2011 - A Tribute To KLa Project
Proyek
1. 2004 - New Chapter (sebagai NuKLa)
Penghargaan
Penghargaan-penghargaan yang pernah diraih oleh KLa Project antara lain:
- Penghargaan BASF Award 1991 untuk kategori Lagu Terbaik untuk lagu "Yogyakarta"
- Penghargaan BASF Award 1991 untuk kategori Aransemen Terbaik untuk lagu "Yogyakarta"
- Penghargaan BASF Award 1991 untuk kategori Pop Techno Terbaik untuk lagu "Yogyakarta"
- Penghargaan BASF Award 1992 untuk kategori Pop Kontemporer Terbaik
- Penghargaan BASF Award 1994 untuk kategori Lagu Terbaik untuk lagu "Terpurukku di sini"
- Penghargaan BASF Award 1994 untuk kategori Aransemen Terbaik untuk lagu "Terpurukku di sini"
- Penghargaan BASF Award 1994 untuk kategori Pop Kontemporer Terbaik untuk lagu "Terpurukku di sini"
- Penghargaan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Pusat Bagian Musik sebagai Group Rekaman Terinovatif Tahun 1996

Komentar terkait selebriti KLa Project
Seru? Serem? Lucu? Kita pengen tahu pendapat kamu tentang selebriti KLa Project!

advertisement
Sering kelewat acara TV favorit?? Set alarm acaranya dan tonton langsung!
close