Direktori Selebriti
Pencarian :
Luluk Purwanto

Luluk Purwanto

advertisement

Luluk Purwanto adalah seorang musisi jazz Indonesia. Anak dari pasangan pencinta musik Purwanto dan Asyia Gani, ini lahir di Surakarta, pada tanggal 25 Juni 1959.

Telahir dari keluarga yang sangat mencintai musik ini, ia kemudian bersekolah disalah satu sekolah musik yang berada di Medan. Setelah lulus, ia mendapat sebuah beasiswa dari Keduataan Australia dan kemudian ia belajar di New South Wales Conservatorium of Music, Sydney, Australia. Setalah itu, ia kembali melanjutkan pendidikannya di Indonesia dan ia terdaftar sebagai seorang mahasiswa Institu Kesenian Jakarta (IKJ).

Ketika ia masih belajar di Intitut Kesenian Jakarta (IKJ), ia mendapat tawaran untuk bermain dalam beberapa acara, dan tawaran yang datang kepadanya berasal dari beberapa musisi Jazz Indonesia, seperti Abadi Soesman, Bubi Chen, Ireng Maulana dan Benny Mustapha. Dan pada setiap penampilannya, ia adalah seorang pemain biola, di setiap penampilannya ia selalu memejamkan mata dan mulutnya yang seperti bicara. Influencenya dalam bermain biolany, yaitu Jean Luc Ponti, Noel Pointer, Stephane Grapphelli, yang merupakan pemain biola yang berasal dari Negara Prancis.

Pada tahun 1985, ia bergabung dengan sebuah band yang bernama Bhaskara, yang pada itu, tampil di North Sea Jazz Festival, Den Haag, Belanda. Pada penampilannya dalam acara tersebut, semua penonton yang melihat penampilannyapun kaget dan terpukau dengan permain biola yang ia mainkan. Semenjak itu, ia langsung bertempat tinggal di Belanda. Dan lebih dari 350 panggung jazz dunia yang ia jajal. Di tahun 1997, ia kembali ke Indonesia. Sekembalinya ke Indonesia, ia membuat beberapa konser keliling Jawa-Bali. Namun, sebelum sekembalinya di Indonesia, ia bersama dengan Luluk & The Helsdingen Trio, sudah malang melintang tampil ke beberapa panggunh jazz dunia. Yang membuat karirnya sebagai seorang pemain biola, diakui oleh seluruh Negara di dunia.

Tahun 1985, ketika Bhaskara Band tampil di North Sea Jazz Festival, Den Haag, Belanda, Luluk ikut bergabung. Uniknya ketika tampil di panggung, banyak penonton kaget, dan terkagum-kagum pada gesekan biolanya. Hal itu terjadi karena penonton mengira Luluk adalah seorang anak kecil yang pandai memainkan biola.[1]
Diskografi
- (1987) Segenggam Harap sebagai penyanyi - (Produksi Granada Records)
Bersama Bhaskara
- (1986) Bhaskara 86 - (Produksi Bhaskara Music Production, distribusi Aquarius Musikindo, 1986).
- (1987) Bhaskara volume 2 (Lady Bird) - (Produksi Bhaskara Music Production, distribusi Bulletin Record, 1987).
- (1991) Bhaskara 91 (Putri) - (Produksi PT. Cipta Isthika Rucitra Indoensia, distribusi Lolypop Record, 1991).
Sebagai Musisi Pendukung
- (1981) Indahnya Sepi - Candra Darusman.
- (1981) Sarjana Muda - Iwan Fals.
- (1982) Opini - Iwan Fals.
Bersama Ren? van Helsdingen
- (1986) Impressions of Indonesia - (Relukreul Records).
- (1986) Protection - (Relukreul Records).
- (1987) Spirit of - (Pacific Music - Tao Label).
- (1989) The Walz - (WEA Hong Kong), Helsdingen Music BV.
- (1992) Ojongono - (Warner Music, Hong Kong) & PT Aquarius Musikindo,Indonesia, Helsdingen Music BV.
- (1994) The Stage - (Munich Records), Helsdingen Music BV.
- (1999) Born Free - (Munich Records).
- (2000) FILM2000 - (Munich Records).
- (2002) Born Free - Lightyear Entertainment lisensi rilis oleh Zebra Acoustic (Zebradisc.com), di Amerika distribusi oleh (Warner/ Elektra/ Atlantic Corporation, AOL-Time Warner Company)
- (2002) Brushes the Clip - (Munich Records)
- (2003) Brushes the CD & the Clip - (Munich Records).
- (2004) Impression of a tour"/ Mahabharata Jazz and Wayang - (Munich Records).
- (2007) Aysha Luluk Purwanto - (Munich Records).[3]

Komentar terkait selebriti Luluk Purwanto
Seru? Serem? Lucu? Kita pengen tahu pendapat kamu tentang selebriti Luluk Purwanto!

advertisement
Sering kelewat acara TV favorit?? Set alarm acaranya dan tonton langsung!
close