0
share

2 Film Populer Hollywood Yang Membenarkan Propaganda Kebencian Terhadap Orang asing

2 Film Populer Hollywood Yang Membenarkan Propaganda Kebencian Terhadap Orang asing

Baru dari TVGuide!
Sering kelewat acara TV favorit?? Set alarm acaranya dan tonton langsung! Download Aplikasi Jadwal TV
advertisement

Tvguide.co.idBukan sebuah isapan jempol atau hanya ketakutan berlebihan alias sikap paranoid jika ada yang mengatakan bahwa banyak film produksi Hollywood isinya adalah propaganda. Mulai dari kebencian terhadap orang asing alias xenophobia, propaganda perang di mana Amerika hampir selalu jadi pahlawan alias the good guy, hingga bagaimana nasib timur tengah jika Israel menghentikan agresi militernya dan memilih jalan damai.

Di lansir dari cracked, berikut 2 film populer yang mungkin tidak kita sadari isinya adalah propaganda kebencian terhadap orang asing alias Xenopobia.

#1 Anggry Birds

Isi Propaganda: semua imigran adalah teroris, kita harus hancurkan negara mereka

Film animasi yang di angkat dari sebuah games mobile populer ini mengisahkan sosok Red si burung merah yang temperamen.

Red sempat sedikit terkucilkan dari komunitasnya gegara temperamennya tersebut, namun ia berubah menjadi sosok pahlawan sesaat setelah serbuan para Babi (imigran) yang mencuri telur untuk di makan.

Sekilas gambaran soal ini tidak bermasalah, namun melihat apa yang di tekankan seperti soal perbedaan sistem pemerintahan antara para Babi yang di pimpin seorang Raja dengan komunitas burung yang bebas dan demokratis. Para Babi adalah imigran dari timur sementara komunitas burung laksana Amerika dengan demokrasinya.

Lalu saat Red sampai pada kesimpulan untuk mewaspadai kedatangan mereka, mencurigai mereka dan menyerukan ‘sejauhmana komunitas burung mengetahui bahwa mereka (para Babi) bukan criminal?’ yang akhirnya terbukti benar.

Selanjutnya dapat di tebak, para Babi mencuri telur dan komunitas burung menghancurkan dan memborbardir negara babi.

#2 World War Z

Isi propaganda: Jika Israel berdamai sedetik saja dengan tetangganya, mereka akan musnah di makan zombie

Film yang di bintangi Brad Pitt ini menceritakan soal kisah fiksi di mana akibat virus yang tak di kenali, semua yang terpapar virus akan berubah menjadi zombie.

Plot yang sangat terasa menyoal kebencian terhadap orang asing adalah saat Brad Pitt berada di Israel dalam sebuah misi. Di gambarkan negara Israel membangun sebuah tembok raksasa mengelilingi Jerusalem untuk membentengi dan sekaligus sebagai bentuk perlindungan dari serangan Zombie.

Namun dalam salah satu adegan, para tetangga mereka orang-orang palestina yang memaksa dan di biarkan memasuki gerbang untuk mendapatkan perlindungan di dalam tembok menyebabkan serangan dadakan dari para zombie akibat selebrasi yang terlalu berisik sehingga mengundang para zombie menyerang dan merubuhkan tembok perlindungan.

selanjutnya silakan tebak makna di balik plot adegan tersebut, siapa bersalah dan atau pantas di salahkan atas insiden serangan zombie yang tiba-tiba mampu menyeberangi tembok dan menjebol pertahanan Israel?

Nah bisa di rasakan seperti apa propaganda kental dalam film garapan Hollywood bukan? Masih banyak film dengan tema dan isi propaganda serupa sebenarnya, seperti Man Of Steel alias Superman. Isinya serupa menyoal propaganda tersembunyi kebencian terhadap orang asing.

Bagaimana setiap orang asing, mau itu datang dari bumi atau dari planet lain, selalu di gambarakan bermasalah dan tidak layak di terima.

Sumber: cracked

Suka dengan artikel ini? silakan bagikan

Komentar terkait berita 2 Film Populer Hollywood Yang Membenarkan Propaganda Kebencian Terhadap Orang asing
Seru? Serem? Lucu? Kita pengen tahu pendapat kamu tentang berita 2 Film Populer Hollywood Yang Membenarkan Propaganda Kebencian Terhadap Orang asing!

advertisement
close