0
share

Anda Penggemar UFC, Simak Nih UFC asli Indonesia 'Pencak Dor' [Video]

Anda Penggemar UFC, Simak Nih UFC asli Indonesia 'Pencak Dor' [Video]

06 Oktober 2015   Olahraga Pencak Dor UFC Kung Fu Shaolin
Baru dari TVGuide!
Sering kelewat acara TV favorit?? Set alarm acaranya dan tonton langsung! Download Aplikasi Jadwal TV
advertisement

tvguide | Jauh sebelum UFC diperkenalkan dan terkenal saat ini, Indonesia sebenarnya telah memiliki model tarung bebas seperti yang sering Anda saksikan di UFC. Namanya Pencak Dor.

Pencak dor merupakan tarung bebas para pendekar yang sudah ada sejak tahun 1910an. Pertarungan antar dua pendekar dengan dua orang wasit ini merupakan inisiatif seorang pendekar sekaligus pimpinan pondok Pesantren Lirboyo, di Kediri Jawa Timur.

Dilansir dari merdeka.com, Gus Maksum mendirikan arena Pencak Dor sebagai bagian dari kegelisahannya pada saat itu melihat maraknya perkelahian antar pemuda. Pencak Dor tidak hanya bertujuan menjalin silaturahmi sesama pendekar, tetapi juga merupakan medium dakwah dianatar para pemuda pesantren kala itu.

 

Pencak dor adalah tradisi budaya warga jawa timur,TIDAK ADA PENCAK DOR SELAIN DIJAWATIMUR,ini tradisi kita,milik kita bersama,jangan sampe diakuisisi daerah lain,

Posted by Pencak DOR JATIM      "The Martial Art of East Java" on Friday, 2 October 2015

Mungkin kita lebih mengenal Shaolin temple, atau biara shaolin yang lazim ditemukan dalam film-film cina yang menggambarkan bagaimana seorang biksu selain mempelajari Agama juga mempelajari ilmu beladiri yang dikenal dengan nama Kung Fu.

Nah di Kediri Jawa Timur inilah, tepatnya di pesantren Lirboyo, selain melahirkan santri-santri hebat yang menguasai kitab-kitab klasik kuno juga melahirkan santri yang menguasai ilmu kanuragan dan seni bela diri.

Guna memfasilitasi hal tersebut maka akhirnya lahirlah Pencak Dor. Sebuah Tarung Bebas yang persis seperti UFC, dengan gabungan berbagai keahlian bela diri, para petarung ini bertarung diatas ring yang mirip ring tinju dengan menggunakan keahlian bela diri masing-masing.

Tetapi tak hanya itu, menariknya, pasca baku hantam, par pendekar itu seringkali bertukar pengalaman seputar dunia persilatan dengan canda tawa benar-benar tanpa dendam.

Keren kan guys.

Simak videonya nih:

Suka dengan artikel ini? silakan bagikan

Komentar terkait berita Anda Penggemar UFC, Simak Nih UFC asli Indonesia 'Pencak Dor' [Video]
Seru? Serem? Lucu? Kita pengen tahu pendapat kamu tentang berita Anda Penggemar UFC, Simak Nih UFC asli Indonesia 'Pencak Dor' [Video]!

advertisement
close