Band Samsons Masih Mencari Vokalis Baru

12 Oktober 2013   Musik

Masa depan sebuah band, harus diakui memang ditentukan oleh kualitas seorang vokalis. Karena itu, bila personel lain dalam sebuah band keluar, kecuali vokalis, band masih tetap jalan. Tapi kalau sang vokalis yang mundur, maka apa jadinya sebuah band tanpa vokalis.

Stagnan band tanpa vokalis dahulu pernah dialami Peterpan, sebelum berganti nama menjadi Noah. Kala itu Ariel sang vokalis masih mendekam di penjara. Otomatis semua pekerjaan dan jadwal manggung Peterpan terabaikan. Sebab tidak mungkin Peterpan tampil tanpa ada penyanyinya.

Namun lihat saja gebrakan yang dibuat Ariel bersama Noah usai ia dibebaskan. Hampir semua lini pekerjaaan mereka "hajar". Mulai dari musik, iklan, film, hingga panggung-panggung dalan even budaya.

Berbeda halnya dengan Ariel, kini vokalis band Samsons Bambang Reguna Bukit atau yang lebih dikenal sebagai Bams, resmi mengundurkan diri. Pengumuman hengkangnya Bams dari Samsons dilakukan langsung oleh empat personel lainnya, di FX Jakarta, Rabu (19/6) petang. Saat ini formasi Samson adalah Irfan (gitar), Erik (gitar), Aldri (bass), dan Konde (drum).

"Sedih memang Samsons harus kehilangan Bams. Tetapi ini semua sudah jalannya. Sekarang tugas kami adalah mencari pengganti Bams, yang pastinya sulit sekali untuk ditemukan. Kami pun meminta restu Bams, agar kelak penggantinya bisa terus mengharumkan nama Samsons," lontar empat personel Samsons.

Khusus untuk mencari pengganti Bams, Erik dan teman-teman tidak mau asal-asalan. Mereka menganggap mencari vokalis sama seperti mencari pasangan jiwa. Kalau salah mencari pasangan, bisa berabe rumah tangga.

Adapun kriteria yang diberikan untuk pengganti Bams yakni, ia harus mampu menyanyikan lagu dengan baik. Bernyanyi bukan hanya dengan mengandalkan suara saja, tetapi juga bernyanyi dengan hati agar pesan dalam lagu tersampaikan.

Ditegaskan Irfan pula, pengganti Bams tidak harus tampan. Sebab, urusan tampang itu nomor dua, yang penting adalah kualitas dan kemampuan vokalnya dahulu.

"Kualitas seorang vokalis tidak hanya ditentukan dari kemampuan dan karakter vokal semata. Kalau mencari vokalis jago yang ganteng itu gampang. Tapi kalau mencari vokalis yang cocok menyanyikan lagu Samsons itu yang susah" kata Irfan.

Karena itu, Samsons sekarang hanya tinggal menunggu dan mencari pengganti Bams. Nantinya kita lihat saja apakah masa depan Samsons akan seperti band Kerispatih, yang usai ditinggalkan Sammy Simorangkir dan digantikan Fandy belum mencetak kejayaan kembali. Atau sebaliknya, Samson mampu mengikuti band Kotak yang justru makin hebat ketika vokalis Tantri masuk menggantikan Pare.

Sementara itu ketika Samsons masih dinaungi Bams, mereka sempat menjadi primadona di kalangan anak muda. Kala itu lagu Kenangan Terindah bahkan tercatat sebagai lagu dengan aktifasi Ring Back Tone (RBT) terbanyak, yakni lebih dari 11 juta download dalam sejarah industri musik digital Indonesia saat itu. Lagu ini berhasil membuat pemberitaan dimana-mana, dengan airplay berkumandang di radio dan video klip yang terus menghiasi layar kaca televisi setiap harinya.

Samsons juga berhasil mencetak Multi Platinum Award dan menobatkan album Naluri Lelaki sebagai salah satu album terlaris sepanjang sejarah industri musik di Indonesia.

Dari album itu pula, Samsons berhasil memboyong 5 penghargaan dari 8 nominasi (termasuk penghargaan tertinggi Album Of The Year di ajang AMI Award 2006.
Mereka kemudian merilis album keduanya, Penantian Hidup dengan proses produksi yang dilakukan di tiga negara, yakni Jakarta (Indonesia), Australia dan Amerika.

Pengisian orkestrasi lagu-lagunya melibatkan komposer papan atas Indonesia, Erwin Gutawa yang dilakukan di Australia dengan bantuan Sydney Philarmonic Orchestra. Sedangkan proses mastering untuk album tersebut dilakukan di New York, AS oleh Ted Jensen, Chief Master Engineering di Sterling Sound yang tercatat pernah menggarap album berbagai musisi top dunia seperti Paramore, Green Day, Hoobastank hingga Metallica.

Pendapat Anda Tentang Berita Ini
Film / TV Listing
Stasiun TV Acara
Spacetoon Sinetron Anak Spacetoon