0
share

Untuk Mengukur Rating Acara Televisi, Nielsen Kini Memantau aktifitas Penonton Lewat Media Sosial twitter, Facebook dan Juga Instagram

Untuk Mengukur Rating Acara Televisi, Nielsen Kini Memantau aktifitas Penonton Lewat Media Sosial twitter, Facebook dan Juga Instagram

Baru dari TVGuide!
Sering kelewat acara TV favorit?? Set alarm acaranya dan tonton langsung! Download Aplikasi Jadwal TV
advertisement

Tvguide | Tahun 2013 lalu Nilesen meluncurkan Twitter TV Ratings, sebuah cara baru untuk memantau aktifitas penonton melelaui media sosial tersebut.

Postingan atau cuitan para pengguna twitter menyoal tayangan televisi, terpantau secara real time sehingga menjadikannya tolak ukur untuk mengukur rating sebuah tayangan.

Menurut President Nielsen Social Sean Casey, dalam rilis persnya mengatakan bahwa saat ini perilaku penonton acara tayangan televisi bisa dengan langsung membiacarakan dan lalu mengunggahnya ke media sosial.

‘Sekarang ketika orang-orang menonton televisi, mereka tidak hanya menontonnya sendirian di sofa atau membicarakan tayangan televisi yang mereka tonton di keesokan harinya. Kini mereka melakukan itu sesegera mungkin di gadget-nya melalui platform sosial sembari menonton televisi,’ ujarnya seperti dikutip dari pernyataan persnya.

Cara kerja Social Content Ratings adalah dengan melacak aktivitas online seputar tayangan televisi yang disiarkan secara langsung, termasuk tayangan olahraga, serial orisinal dari stasiun televisi dan penyedia tayangan secara streaming, seperti Netflix. Nielsen kemudian akan mengukurnya dengan cara menilik konten yang diunggah untuk publik (post), interaksi atau engagement (komentar, like, balasan), dan demografi (usia dan gender).

Sean Casey menekankan bahwa Nielsen Social ingin menyediakan gambaran komprehensif soal bagaimana respons para konsumen terhadap sebuah tayangan lewat media sosial. Bukan cuma Facebook dan twitter saja, rencananya pada tahun ini Nielsen juga akan menjaring percakapan penonton di Instagram.

Saat ini pengiklan juga memperhitungkan tayangan mana saja yang dibicarakan secara jujur oleh penontonnya, dan tayangan apa saja yang paling banyak dibagikan (sahres) atau disukai (likes).

Rupanya saat ini kita sudah bisa ikut mempengaruhi penilaian terhadap sebuah tayangan televisi nih. Mudah-mudahan dengan hadirnya flatform social Content Ratings ini mampu berdampak positif terhadap kualitas tayangan-tayangan televisi yang akhir-akhir ini banyak mendapatkan citra negatif ya.

Bravo dunia pertelevisian Indonesia.

Suka dengan artikel ini? silakan bagikan

Komentar terkait berita Untuk Mengukur Rating Acara Televisi, Nielsen Kini Memantau aktifitas Penonton Lewat Media Sosial twitter, Facebook dan Juga Instagram
Seru? Serem? Lucu? Kita pengen tahu pendapat kamu tentang berita Untuk Mengukur Rating Acara Televisi, Nielsen Kini Memantau aktifitas Penonton Lewat Media Sosial twitter, Facebook dan Juga Instagram!

advertisement
close